Media Pembelajaran Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Thursday, November 10, 2016

Firewall

Firewall merupakan sebuah tembok virtual, yang berarti tidak berbentuk secara fisik, yang digunakan untuk mengamankan sebuah komputer ataupun jaringan dari konten – konten yang dapat mengganggu kinerja jaringan atau komputer itu sendiri, baik yang berasal dari dalam maupun luar.

Firewall pada jaringan komputer
Fungsi firewall pada jaringan LAN jauh lebih kompleks dan juga jauh lebih rumit dibandingkan fungsi firewall pada penggunaan personal. Hal ini disebabkan karena, selain digunakan untuk melindungi setiap compute user dari serangan konten – konten berbahaya dan tidak diinginkan, firewall pada jaringan, terutama jaringan LAN juga difungsikan sebagai cara menjaga keamanan jaringan komputer termasuk datanya tersebut.

Firewall pada personal komputer 
Penggunaan firewall pada personal PC akan sangat bermanfaat saat melakukan koneksi antara komputer dengan akses internet public, seperti public hotspot, ataupun menggunakan modem orang lain. Setelah Firewall aktif, kita bisa memilih program dan aplikasi apa saja yang diperbolehkan untuk mengakses internet pada komputer anda.

Parameter yang digunakan untuk konfigurasi pada firewall :

  1. Alamat IP atau IP Adress
  2. DNS atau Domain Name System
  3. Port dan juga Protocol yang digunakan dalam sebuah jaringan
  4. Informasi dari header yang disimpan dalam paket data


Share:

0 comments:

Post a Comment