Media Pembelajaran Program Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi

Monday, March 20, 2017

Fungsi dan cara kerja server autentifikasi

Server autentifikasi adalah suatu server yang melakukan proses validasi user pada saat memasuki sistem, dimana nama dan password dari user yang akan masuk di cek ke database user system. Apabila user dan password sesuai dengan database, maka user diperbolehkan mengakses sistem, sebaliknya jika tidak sesuai maka user akan ditolak masuk ke sistem




Fungsi server autentifikasi adalah 
  1. Memferifikasi / validasi identitas user yang akan masuk ke system
  2. Melindungi data dari user yang tidak berhak mengakses
  3. Salahsatu kesempatan bagi pengguna dan pemberi layanan dalam proses pengaksesan resource (pihak pengguna harus mampu memberikan informasi yang dibutuhkan pemberi layanan untuk berhak mendapatkan resourcenya, Sedang pihak pemberi layanan harus mampu menjamin bahwa pihak yang tidak berhak tidak akan dapat mengakses resource).


Cara kerja server autentifikasi :
Pada saat komputer client akan menghubungkan diri dengan jaringan maka server autentifikasi akan meminta identitas user (username dan password) untuk kemudian dicocokkan dengan data yang ada dalam database server autentifikasi untuk kemudian ditentukan apakah user diijinkan untuk menggunakan layanan dalam jaringan komputer. Jika proses otentikasi dan otorisasi berhasil maka proses pelaporan dilakukan, yakni dengan mencatat semua aktifitas koneksi user, menghitung durasi waktu dan jumlah transfer data dilakukan oleh user.

Contoh dari server autentifikasi adalah
  1. Radius Server
  2. Proxy Server dengan NCSA Users
  3. Samba server dengan autentifikasi 


Hubungan antara fungsi dan cara kerja server autentifikasi adalah sangat berkaitan dan saling menunjang, dimana cara kerja dari server autentifikasi yang melakukan ferifikasi / validasi user dapat mendukung terwujudnya keamanan data dan jaringan.

Video Pembelajaran :

Share:
Location: Surakarta, Surakarta City, Central Java, Indonesia

1 comments:

  1. https://sabdaadjie.blogspot.com/2018/08/3-cara-mudah-mengatasi-bootmgr-is.html

    ReplyDelete