Routing menyediakan jalur untuk paket yang transfer dalam jaringan atau memilih jalan dalam jaringan yang memiliki lalu lintas rendah sehingga paket data dapat mentransfer pada tingkat yang lebih tinggi, terdiri dari 2 yaitu
a. Routing classful
Classful secara sederhana dapat diartikan "dengan kelas" atau "menggunakan kelas". Kemudian, jika dikaitkan dengan pengalamatan IP, maka pengalamatan IP classful dapat diartikan menjadi "pengalamatan IP berdasarkan kelas".
Dalam routing ini kita tidak dapat mengubah subnet mask, dengan kata lain tidak memberikan informasi Subnet mask. Misal, jika kita menggunakan IP 192.168.xx, yang kita lakukan adalah memilih subnet mask yang sama di jaringan tersebut. Jadi, Anda tidak dapat menggunakan dua subnet mask berbeda dalam jaringan jika Anda menggunakan Kelas Routing penuh
Contoh : RIP V1(Routing Information Protocol), IGRP (Interior Gateway Routing Protocol), EIGRP
b. Routing Classless
Classless secara sederhana dapat diartikan "tanpa kelas" atau "tidak menggunakan kelas". Kemudian jika dikaitkan dengan pengalamatan IP, maka pengalamatan IP classless dapat diartikan menjadi "pengalamatan IP tanpa mengenal kelas". Yaitu dengan cara menggunakan Classless-Inter Domain Rouing (CIDR) atau juga dapat dikenal dengan istilah panjang prefiks. Format pengalamatannya adalah dengan member tanda slash (/) di belakang alamat IP kemudian diikuti dengan variable panjang prefiks
Contoh Routing classless : RIP v2 dan OSPF, Border Gateway Protocol version 4 (BGP4) dan Intermediate System to Intermediate System (IS-IS)
Kelebihan : Dapat menyederhanakan tabel routing dengan cara satu tabel routing dapat untuk beberapa jaringan sehingga menghemat penggunaan kapasitas router dalam membuat tabel routing, memungkinkan untuk menggunakan alamat IP kelas A dan B dengan panjang prefix tertentu yang belum dipakai
Video pembelajaran routing classfull dan classless : (sumber dari https://www.youtube.com/watch?v=e92g6j_Dx2c)
Video pembelajaran routing classfull dan classless : (sumber dari https://www.youtube.com/watch?v=e92g6j_Dx2c)
0 comments:
Post a Comment